Saturday, September 20, 2008

Kampung Nelayan

Bulan Mei lalutepatnya 25 Mei 2008, saya ikut rombongan Surabaya Heritage dalam acara tour de Kampoeng yang dibesut oleh UK Petra jurusan Pariwisata. Tour ini fokusnya pada kampoeng-kampoeng yang ada di Surabaya antara lain: kampung nelayan (didaerah kenjeran), kampoeng di Bubutan dan kampoeng yang menjuarai Green and Clean yang berlokasi di Kertajaya.

Masing-masing kampung akan saya ulas satu persatu dengan judul yang sesuai.
Saya akan membahas tentang kampung nelayan dulu.
Kampung nelayan ini terletak di dekat Pantai Ria Kenjeran. Kami masuk via Pantai Ria Kenjeran ( tepatnya Ken Park). Sambil menyusuri garis pantai Kenjeran dengan perahu nelayan, tak sampai 5 menit, kami sudah tiba di kampung nelayan tersebut. Asyik juga menyusuri garis pantai dengan perahu nelayan. Perahu berjalan terhentak-hentak oleh gelombang laut dan angin yang terkadang menyemburkan titik-titik air sesekali menerpa tubuh kami. Angin yang juga sepoi-poi meniup membuat kepala terayun-ayun dan secara perlahan membuai kami dan timbullah rasa ingin memejamkan mata. Namun sinar mentari yang menerobos dan indahnya pemandangan dari garis pantai membuat saya merasa sayang untuk memejamkan mata. Melewati pohon-pohon bakau yang mulai berkurang dan juga melihat Patung Dewi Kwan Im dari arah laut sungguh suatu pengalaman yang indah.



Foto: pohon bakau dan Patung Dewi Kwan IM

Sesampai di lokasi kami turun dari perahu dan disambut oleh jemuran udang kecil (ebi) dipekarangan rumah penduduk. Masuk beberapa meter lagi kami menjummpai suatu perkampungan dengan rumah-rumah yang sederhana. Tiap rumah disana dipenuhi dengan aktivitas yang mendukung keberadaan kampung tersebut sebagai penghasil kerupuk terung dan teripang (banyak dijumpai di Pantai Ria Kenjeran dan pasar-pasar tradisional sebagai oleh-oleh khas Surabaya).

Disana kami melihat proses pembuatannya mulai dari membersihkan bahan bakunya (teripang dan terung), memasaknya, hingga menjemurnya. Sangat menarik melihat cara mereka mengolahnya.













Foto: teripang yang masih mentah




Foto: teripang yang sudah dibersihkan



Foto: teripang yang sudah direbus



Foto: proses menggoreng menjadi kerupuk dengan menggunakan pasir













Foto: kerupuk teripang yang dijual di tempat Rekreasi Pantai Ria Kenjeran

No comments: