Thursday, November 6, 2008

Mongolian Restaurant @ Supermal, Surabaya

Kemarin aku benar-benar jenuh dengan makanan di CITO (sebelah kantor). Hampir tiap hari lunck ku berasal dari sana (bukan aku yg kesana tapi titip beli, he...he...). So, kemarin siang aku niat kabur dan cari alternatif lain. So, aku bikin janji untuk lunch bareng ama Cipto di PTC.
Karena masih agak flu, aku berniat makan sesuatu yg hangat dan berkuah. Niat awal sih mau makan udon di Oba Japanese Restaurant di PTC. Tapi berhubung pas lewat dan aku lihat ada restaurant baru, maka aku berniat mencobanya.

Setelah mampir ke Tokonya Cipto, kami langsung kesana. Tempatnya lumayan luas dan berada pas di depan dan bersebelahan dengan Dapur Hotplate dan satu deret dengan Oba. Di promosinya katanya the first Mongolian Restaurant in Indonesia. Benar gak ya????

Pas kami kesana, banyak tempat yang kosong (cuma 1 yg terisi + meja kami). Mejanya lumayan banyak, ada indoor dan outdoor. Berhubung siang hari dan kami tergolong non smoker, maka kami milih duduk didalam ruangan yg ber AC. he..he.. Kamipun memilih duduk di sofa. Yang bikin aku geleng kepala adalah mejanya yg berbentuk kotak yang sama sisi (bujur sangkar kali ya) dan jauhhh kalo duduk berhadapan.
Oh ya nama lengkapnya adalah Mongolian Restaurant Dip Soup. Sesuai dengan namanya menu disana berbentuk soup yang diberi macam-macam isi (seperti Shabu-shabu ala Jepang atau Suki ala Thai). Cuma disini soupnya ada 6 macam. Ada vegetable soup, flower soup, spicy soup, ginseng soup ( dan lupa). Isinya banyak antara lain: daging sapi, gindara, hipio, cumi-cumi, crab stick, haisom, jamur-jamuran dll. Selain soup juga ada menu BBQ (mirip yakiniku). Karena aku masih agak flu maka kami memilih hidangan yang set dengan spicy soup. Isinya: udang, beef, crab stick, tahu, suun, jamur2an, bakso sapi, bakso ikan, hipio, haisom ( ehmmm apa lagi ya??)

Saat dihidangkan, aku bingung karena pancinya benar2 kecil dan padat berisi. Setelah mendidih, aku mencoba kuahnya. Sesendok kuambil dan kutaruh di mangkuk kecilnya. Warnya merah (seperti soup Tom Yam), dan rasanya agak pedas dan terasa berempah seperti kari. Awalnya aku sempat merasa agak gimana gitu karena kari adalah salah satu makanan yang tidak aku sukai. Tapi kemudian rasa karinya jadi hilang.
Sesuap demi sesuap kami coba dan tersa enak juga. Hangat dan sedikit pedas. Kami juga diberi saus. Ada 2 macam saus yaitu pedas dan tidak pedas. Aku milih yg tidak pedas dan Cipto yg pedas. Sausnya sendiri berisi cincangan bawang putih goreng dan entah apa lagi. Kayaknya sih ada minyaknya. Rasanya??? Entahlah karena luput aku coba. Soalnya keasikan sama makanannya. Perlahan tapi pasti menu yang tersaji berpindah keperut kami masing-masing. Yang tersisi hanya noodlenya saja. Pas untuk berdua dan lumayan enak.

Kapan-kapan mau coba lagi dengan rasa soup yg berbeda. Harganya menurut aku lumayanlah (mirip dengan suki). Kemarin sih masih diskon 50%. Lumayan kan.
Cuma masih sepi (entah kalo pas malam atau weekend).

No comments: