Wednesday, October 1, 2008

Thailand tour - Pattaya - Bangkok (day 5)

Hari niat berniat jalan-jalan di pantai di Pattaya tapi apa daya hujan deras. Jadi sebel karena sudah bangun pagi-pagi dan niat jalan-jalan. Eh gak tahunya hujan.

Well, menu sarapan pagi tidak terlalu banyak pilihan. Aku cuma makan sandwich dari gandum yang kuisi dengan sayur selada segar, irisan mentimun, telur mata sapi, irisan tomat dan irisan keju cheddar. Kemudian minum juice buah + potongan buah segar.

Perjalanan hari ini dimulai dengan mengunjungui NONG NOOCH Tropical Garden Village dimana kami disuguhi tarian kebudayaan Thailand dan thai boxing (dalam bentuk seperti atraksi aja). Tempat ini dulunya memiliki pohon durian tapi kemudian berubah. Sekarang sebagai tempat penyilangan tanaman anggrek. Ada juga areal kebun karet yang akam dijadikan kebun binatang juga karena pohon karetnya sudah tidak produktif lagi.
Selain melihat kesenian dan kebudayaan Thailand, ada juga atraksi gajah. Pintar lho gajahnya bisa main sepak bola, basket,bowling, lempar panah ke balon, berdisco bahkan menggendong orang dengan belalainya dan memijat (pakai belalai dan kaki) dll. Ada juga yang suka iseng dan goda pengunjung yg mau dipijat. Cukup atraktif, lucu, dan bagus.
Bisa juga foto dengan gajah.
Cuma aku gak foto dengan gajah tapi ama..... Koko simon..... Huhhhh simonyet atuh. Awalnya rasanya gimana gitu antara geli dan takut. Takut kalo digigit ato diusilin gituu.
Saat terpegang, ternyata telapak tangannya cukup halus. Cuma rambutnya kasar seperti sapu ijuk. Baru kali ini bersetuhan dan dipeluk sama monyet. Ha...ha....



Makan siang juga ditempat ini. Kali ini buffet. Namun pilihan tidak terlalu banyak. Aku cuma mencicipi papaya salad (enak dan tidak terlalu pedas), spicy shrimp soup ( biasa aja) , nasi + ayam goreng (standard saja rasanya) + sayur + telur goreng (rasanya sih seperti telur dadar biasa). Biasa aja ya makanannya. He...he....

Duh..... Hari ini aku ngantuk banget dan mood gak terlalu bagus. Maybe akibat kurang tidur. So, waktu diajak ke perusahaan madu, aku terkantuk-kantuk saat petugasnya menceritakan manfaat madu. Dan tidak konsen sama sekali. Hanya sepintas mendengar bagaimana cara mendeteksi madu asli. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskannya ke kertas tisu. Jika asli, maka tissue nya tidak robek atau tidak basah. Jika palsu maka akan ada air dan gulanya dan itu yang membuat tissue basah. Selain itu, tidak ada deh yang masuk kedalam telingaku.

Kemudian kami diajak ke GEMS GALLERY yang merupakan perusahaan permata terbesar. Uniknya kami diajak keliling dan mendengarkan presentasinya dengan naik kereta seperti kereta di Disney Land jika masuk dan keliling dalam rumah hantu. He...he....

Seperti layaknya ikut tour, kami pasti diajak untuk mengunjungi produk-produk negara yang dikunjungi. Setelah ke perusahaan madu, permata dan nantinya ke tempat jual manisan dan snack.
Disini dijual macam-macam asam, durian (dodol dan keripik), keripik cumi dll. Banyak dan boleh icip-icip sebelum beli. Ada juga buah-buahan terutama durian monthong. Tapi hari ini aku gak makan durian. Tenggorokan mulai sakit. Rasanya kebanyakan makan gorengan dan kurang tidur.

Malamnya kami tiba di Bangkok dan sebelum check in di Baiyoke Sky Hotel, kami makan malam di Royal Garden. Tempat ini dibangun tahun 1991 dan merupakan restauran chinese food terbesar didunia dan pernah masuk Guiness Book of Record lho. Saking besarnya, pelayan yg mengantar makanan harus memakai sepatu roda. Dan saat aku masuk, memang besar dan panjang. Sampai tak terlihat ujungnya. Ada semacam danau yg mengelilingi. Bentuk bangunannya sendiri sangat mirip dengan bangunan di Tiongkok. Yang banyak bangunan terpisah dalam satu tembok yang besar yang mengelilingi paviliun-paviliun. Ditengah-tengah (bener gak ya ditengah) ada panggung yang menyajikan hiburan musik dan ada juga tariannya. Bagus tempatnya dan menyenangkan. Ada juga ruang VIP.

Bagaimana dengan menunya??? Hari ini aku tidak menemukan Tom Yam. Peserta lain sih merasa bosan, cuma aku sih enjoy aja karena Tom Yam adalah salah satu makanan favoritku.
oh ya, menu hari ini:
1. Ikan goreng yg diberi kuah pedas dan disajikan di piring berbentuk ikan seperti dalam menyajikan ikan tim. Rasanya sih biasa saja.
2. Sayur mayur rebus + sambal terasi (seperti lalap matang gitu di Indonesia)
3. Ikan goreng yang ditopping ama papaya salad. Rasanya cukup ok.
4. Ayam goreng (aku tidak coba)
5. Kang kung
6. Semacam rambak + ikan teri dan bawang bombay.

Sayang sekali aku gak bisa ambil fotonya karena keburu sudah langsung diserbu begitu keluar.

Aku heran, sudah 5 hari aku disini dan gak pernah disuguhi daging sapi dan babi. Kalo babi, aku sih gak masalah karena memang gak bisa dan maybe karena pesertanya adalah orang Indonesia, maka menu daging babi ditiadakan. Karena penasaran, bertanyalah aku sama Anusak (lokal guide), tentang daging sapi. Ternyata di Thailand mayoritas beragama Budha dan ada juga yang Hindu maka rata-rata tidak makan daging sapi. Karena itu jarang menyajikan masakan berbahan daging sapi. Tapi ada juga yang jual masakan dengan bahan daging sapi.

Selesai check in di hotel, rencana sih mau nonton Thai Girl Show. Konon belum ke Thailand namanya jika tidak kesini. Ini adalah pertunjukkan khusus dewasa. Namun aku batal ikut karena malas dan ngantuk. Juga mau selesaikan menuliskan perjalanan hari ini di blog ini.
Entah gimana dengan peserta yang lain. Sebenarnya sih sangat penasaran. Pengen tahu seperti apa sih atraksinya. Konon mencengangkan.

Tak terasa mata sudah semakin cape. Sawasdeeka....





Sent from my BlackBerry® wireless device

No comments: