Wednesday, June 11, 2008

MTR di Hong Kong

Saat di HK, saya bersama mama (pakai kursi roda) dan keluarga selalu pakai MTR jika mau kemana-mana. Lebih murah, nyaman, aman dan gak macet.
Mama saya sebenarnya bisa jalan dan sehat. tapi karena kita ingin dia bisa ikut jalan2 terus maka kami membawa kursi roda untuk dia pakai supaya tidak capai jalan kaki.

Saat di stasiun MTR, kami mencari-cari dimana gerangan lift penumpang supaya mama tidak perlu turun dari kursinya dan kami tdk perlu repot2 mendorong kursi naik turun eskalator. Maka sayapun mencari customer servicenya dan mengatakan bahwa kami mencari lift karena membawa penumpang yg memakai kursi roda. Tanpa ba bi bu, langsung ada petugas yg mengantar kami naik lift hingga masuk ke MTR (termasuk menyediakan plat miring supaya kursi roda bisa didorong dengan mudah masuk ke MTR). Kamipun dipilihkan gerbong yg sepi dan memang khusus untuk pengguna kursi roda. Petugasnya bertanya tujuan kami akan kemana? setelah tahu tujuannya, diapun mengontak petugas di stasiun kedatangan untuk "menyambut" kami dan mengantarkan kami hingga di tempat tujuan kami (keluar dari lingkungan stasiun).
Dan memang benar saat pintu kereta terbuka, sudah ada petugas yg siap dengan plat miring lagi supaya kursi bisa didorong keluar dengan mudah dan kamipun diantar hingga lift dan diberitahu arah kemana kami harus tempuh.
Benar2 service yang bagus.

Tidak hanya di MTR, di mall pun demikian. Saat kami tidak menemukan lift, kamipun bertanya sama information disana. Serta merta mereka memanggil security disana dan mengantar kami hingga di lift.

Benar2 service yg sangat memuaskan dan bagus bagi pengguna kursi roda disana. Bagaimana dengan di Indonesia?
Sejauh ini saya belum pernah mengalami dan juga jarang terlihat pengguna kursi roda berkeliaran di mall maupun di stasiun. Mungkin lebih memilih tinggal diam dirumah atau naik mobil pribadi. Who knows???

1 comment:

RatuMedika said...

just share info aja , kami dari RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual alat kesehatan, seperti kursi roda travelling aluminium, ranjang pasien, tabung oksigen dan alat kesehatan lainnya, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: http://www.ratumedika.com/kursi-roda.html Thanks all….