Friday, December 21, 2007

Surabaya: Rujak manis @ Polisi Istimewa

Setelah menulis tentang Rojak di Singapura, saya jadi tergoda untuk makan rujak manis ala Indonesia.

Di Surabaya ada beberapa jenis rujak yaitu rujak cingur (yang sangat terkenal), rujak manis, rujak tolet (disebut juga rujak madura dan sudah jarang ada penjualnya) dan rujak gobet.
Kali ini, saya ingin bercerita tentang rujak manis atau salah buahnya Indonesia.
Next time, akan saya ulas rujak-rujak yg lainnya.

Di Surabaya, pusat perjual rujak manis adalah disepanjang jalan Dr. Soetomo dan Polisi Istimewa (dahulu juga bernama Dr. Soetomo). Dikedua jalan ini berjejer penjual rujak manis dengan rombong-rombong hijau dengan kaca di sisi depannya untuk mendisplay buah-buahan yg dibawa dan diatasnya seperti payung yg besar untuk melindungi bapak penjual dari teriknya matahari. Di tiap rombong tergantung pula krupuk yg sudah dibungkus dalam plastik bening dan tak lupa ada nama penjualnya. Selain itu juga terdapat berbungkus-bungkus rujak manis yg siap dijual. Di rombong itu sendiri selain display kaca juga terdapat semacam kotak hijau untuk tempat bumbu, plastik tempat makanan dan kantung plastik.
Namun tidak disediakan kursi untuk makan disana karena rata2 pembelinya membawa pulang rujaknya untuk disantap dirumah atau dikantor.

Dari sekian penjual rujak manis yg ada, langganan saya adalah Pak Muji yang nongkrong di jalan Polisi Istimewa setelah tikungan Nokia Centre. Bapak satu ini sangat ramah dan boleh memilih buah yg kita mau. Untuk rasa bumbu rujaknya, saya tiap rombong memiliki rasa yg standard.

Bumbu yg dipakai adalah: gula jawa, potongan kacang tanah dan sedikit cabe rawit.
Buah-buahannya: mangga muda, mentimun, bengkoang, nenas, papaya, melon, semangka, nangka (tergantung musim), jambu air dan tahu goreng. Tetapi tidak semua buah-buahan ada dan tergantung pada musimnya.

Biasanya saya membeli rujak manis, saat siang hari dimana lagi panas2nya mentari. Asamnya mangga muda dipadu dengan manis dan pedasnya bumbu rujak dan dibarengi dengan krupuk yg kriuk-kriuk.. wowww... sangat menyenangkan dan cukup mengenyangkan buat ukuran lambungku.

Buah adalah santapan sehat yg kaya akan serat dan vitamin yg dibutuhkan tubuh. Semacam salad buah tapi ala Indonesia. Bumbunyapun tidak menambah lemak ditubuh kita tapi untuk penderita DM, kudu berhati-hati karena gulanya sangat manis.

No comments: