Monday, May 5, 2008

Persiapan travelling

Buatku jalan2 adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dijalani namun terkadang malas untuk dimulai dan diakhiri alias mulai ngepak dan bongkar koper.
Seandainya saja bisa perlu tanpa perlu menata dan membongkar koper. Duhhh nyamannya. Tapi sekarang yg terakhir ini bisa diatasi karena mengerahkan asisten di rumah.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum berjalan-jalan adalah:
  1. menentukan tujuan / destinasi. Apakah cukup didalam negeri atau di luar negeri
  2. dengan siapa kita berjalan-jalan? Keluarga atau teman atau sendirian?
  3. Berapa lama kita berjalan-jalan
  4. mau liburan mewah atau sederhana
  5. jalan sendiri atau ikut tour
  6. kondisi keuangan (paling penting)

Setelah diputuskan akan kemana. Pesan tiket, hotel dan cari info tentang tempat tujuan. Paling enak dan tanpa ribet adalah ikut tour karena sdh diuruskan semuanya. Tinggal serahkan pasport dan bayar. He..he...

Setelah urusan semua pernik2 akomodasi dan tujuan usai, tinggalnya sesi yang menyebalkan buat aku yaitu mengepak alias menata koper.

Dalam proses menatanya ada hal2 yg menurut aku perlu diperhatikan yaitu:

  1. iklim tempat tujuan ( berhubungan dengan baju yang perlu dibawa apakah iklimnya panas, dingin atau sejuk? Hujan? dll)
  2. berapa hari (berhubungan dengan jumlah pakaian yg dibawa dan ukuran kopor)
  3. tempat nginap (berhubungan dengan toiletries, misal kalo nginap di hotel berbintang, tidak perlu bawa sabun dan pasta gigi karena pasti ada, juga shaver. Terkadang aku juga malas bawa handuk karena berat dan pasti basah. Ribet kan kalo bawa handuk basah dan dimasukkan ke koper hanya karena ganti kota)
  4. Baterai charger untuk HP maupun camera saku. Biasanya aku selalu membawa universal adapter yang memiliki kaki macam2 mulai dari kaki 2 bulat maupun gepeng, dan kaki tiga. Pokoknya satu kotak adapter itu selalu kubawa saat bepergian keluar negeri.
  5. Bawa shampoo, sikat gigi, sabun cuci muka, cairan contact lens (jika pakai), peralatan kosmetik dan handuk (jika butuh), panty shield, body lotion dll
  6. pakaian dalam secukupnya (biasanya aku bawa CD yg sekali pake buang) jadi gak ribet dan praktis serta baju tidur (maks 2) krn biasanya kamar hotel ber AC dan cuma dipake tidur kan???
  7. kaos kaki dan sepatu yg nyaman
  8. Biasanya untuk perjalanan seminggu aku cuma bawa celana panjang kain 2 dan 1 jeans (yg kupakai dan beberapa atasan). Kalo tdk cukup bisa dipakai lagi atau kan pasti akan beli baju disana. he..he..
  9. obat2an pribadi dan vitamin serta antimo (spy bisa tidur dipesawat terutama untuk jarak jauh)
  10. Bacaan, permen karet, permen dan manisan (spy tidak mual)
  11. Plastik untuk membungkus baju kotor ( jika perlu, biasanya sih aku gak pernah bawa krn disana pasti akan ke supermarket or beli souvenir yg otomatis pasti ada kantungnya atau di hotel kadang disediakan laundry bag)
  12. koper / tas lebih spy tidak perlu lagi beli (kalo tujuannya utk shoppimg) biasanya sih aku bawa kopor yg cuma 1/2 isinya saat berangkat. Ada space untuk shopping.
  13. Memastikan SIM Card HP bisa dibawa keluar negeri (utk memudahkan komunikasi)
  14. Bawa sambal ( biasanya sih aku gak pernah bawa)
  15. Mengecek dompet, kartu2 yang tidak berlaku di tempat tujuan aku keluarkan dan ganti dengan kartu2 yg laku diluar negeri
  16. Fotocopy paspor dan kartu kredit yg dibawa (utk jaga2 jika ada kehilangan) dan tinggalkan 1 set di rumah jika sewaktu2 semuanya hilang.
  17. Letakkan barang2 yg belum dipakai yg paling bawah dan yg paling dibutuhkan diatas.
  18. Kalo mau pulang ke Indonesia, biasanya aku letakkan oleh2 di bagian paling bawah koper krn sdh pasti tdk akan dibuka2 dan dibongkar lagi. Pakaian kotor diletakkan paling atas. Dan utk barang2 yg bisa pecah misalnya wine (oopsss) biasanya aku bungkus dengan baju tebal atau celana panjang dan diletakkan ditengah2 kopor supaya tdk pecah dan tdk ketahuan. he..he...
  19. Memisahkan barang2 yg akan dibawa di tas tangan dengan di kopor. Obat2an (dalam jumlah cukup), minyak kayu putih, permen, permen karet, manisan, buku bacaan, sweater atau pashmina, uang maupun benda berharga lainnya, semuanya aku letakkan di tas tangan atau travel bag yg akan dibawa ke kabin.
  20. Cadangan gembok (spy tdk panik saat gembok rusak atau kurang)
  21. dll

Cukup ribet kan???

Tapi karena sering bepergian, aku punya 1 tas khusus utk kosmetik. Jadi kapanpun akan bepergian, tinggal cek dan masukkan saja ke kopor. He..he... Dan urusan menata koper ini biasanya cuma sejam saja. Yg ribet itu adalah saat membongkar muatan saat tiba di rumah krn harus memisahkan mana barang pribadi mana oleh2 dan membaginya. Duhhhh..............

No comments: